Belajar Bisnis

Politik Di Indonesia

Menurut Ivan, ada pula keterlambatan pemerintah dalam mengantisipasi dan mengendalikan Covid-19 di Indonesia. Dari perspektif hukum, awalnya pemerintah menerapkan kebijakan “Darurat Kesehatan Masyarakat” pada Maret 2020 dan yang menjadi leading sector-nya adalah Kementerian Kesehatan. Namun, pada April 2020 pemerintah justru menerapkan kebijakan mengenai darurat kebencanaan nasional dan menunujuk BNPB sebagai main sector. Pemerintah itu memiliki peran yang sangat penting untuk menanggulangi krisis pada pandemi ini. Oleh karena itu, pemerintah diharapkan tepat dan tanggap ketika mengambil sebuah keputusan. Sayangnya, pemerintah dinilai sering kali terburu-buru dan salah arah dalam mengambil kebijakan.

Bentuk demokrasi dan desentralisasi masih terus mengalami penyempurnaan sesuai dinamika kehidupan masyarakatnya. Sebagai dampak revolusi teknologi informatika dan komunikasi, saat ini dunia sedang memasukkan period demokrasi dunia maya , yang akan dikuti dengan desentralisasi dunia maya . Munculnya mannequin petisi online melalui web pada saatnya akan mendorong munculnya cyber parliament melengkapi parlemen resmi maupun parlemen jalanan. AIPI mendorong munculnya gagasan atau ide-ide tentang pembentukan teori-teori politik berdasarkan situasi dan kondisi masyarakat Indonesia. 26 WNI Selamat Dievakuasi dari Afghanistan, 1 WNI Kurang Sehat Selain mengevakuasi 26 WNI, tim evakuasi juga membawa 5 warga negara asing berkewarganegaraan Filipina dan 2 warga negara Afghanistan.

Jika ini adalah keadaan darurat, maka kebijakannya harus sesuai dengan penganggulangan bencana darurat. Sayangnya, yang terjadi di lapangan justru sebaliknya, pemerintah pusat dan daerah mengalami ketidaksinkronan satu sama lain. Berbagai sektor mulai dari ekonomi, wisata, jackpot online uang asli manufaktur, dan lain-lain akan sangat terdampak bila penanganan pandemi Covid-19 tidak ditangani dengan baik dan tepat. Pemerintah pun diharapkan dapat mengambil kebijakan yang baik dan membangun wacana publik yang sesuai di tengah situasi darurat seperti sekarang.

Dengan tindakan tersebut mencerminkan bahwa bangsa Indonesia tidak lagi memiliki rasa percaya diri (self-confidence) sebagai sebuah bangsa. Melihat kenyataan yang terjadi di Indonesia, maka diperlukan sebuah refleksi sebagai tindakan nyata terhadap perilaku dan etika politik para elite . Hal ini tidak bisa tidak, harus dilakukan jika menghendaki bangsa ini menjadi bangsa yang lebih baik. Memang mereka menginginkan agar Indonesia menjadi bangsa yang besar dan disegani, akan tetapi cita-cita ini kandas oleh perilaku yang ditunjukkan oleh mereka sendiri. Sisi lainnya adalah dalam berbagai persoalan yang terjadi dalam masyarakat, para elite politik tadi kerap kali membutakan suara dan mata hatinya. Sehingga persoalan yang timbul dalam masyarakat tidak pernah selesai dan bahkan semakin bertumpuk.

Politik Indonesia

Cak Imin mengatakan, Presiden Keempat RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur tak hanya memiliki jasa yang luar biasa bagi Indonesia, tapi nilai perjuangannya selalu dihormati NU serta partainya. Agus Harimurti Yudhoyono menyampaikan pandangannya mengenai penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. Agus Harimurti Yudhoyono mengkritik pelaksanaan pemilu serentak yang saat ini diberlakukan oleh pemerintah yang dianggap tidak efisien.

Perlu dilakukan saat ini adalah memegang teguh etika politik yang berorientasi pada kemanusiaan yang menghargai satu dengan yang lainnya. Serta juga memiliki nilai-nilai ethical yang baik dalam menghargai peradaban Indonesia demi maju dan berkembangnya Indonesia ke arah yang lebih baik. Persoalan politik di mengerti du et des saya dapat apa akibat nya politik dimengerti secara sempit semata mata merebut kekuasan bukan mencapai tujuan dari partai politik harus membawah bonum commune yakni kesejahteraan umum. Mungkin hal ini sering juga dianggap sebagai kenaifan di tengah-tengah hiruk pikuk perpolitikan yang semakin memanas. Akan tetapi dalam keraguan inilah ada keyakinan bahwa kehendak untuk menyebarkan nilai-nilai kebaikan berupa kritik dan saran sangat diperlukan bangsa ini.

Di lain pihak, peristiwa-peristiwa yang mengganggu stabilitas nasional juga semakin marak dan semakin sering terjadi di berbagai tempat di Indonesia. Hal ini secara langsung telah menjadikan citra bangsa Indonesia di kancah pergaulan internasional semakin terperosok. Peristiwa ini menjadi cerminan bahwa elite politik tidak tanggap atas perubahan global yang terjadi. Lunturnya etika politik yang terjadi pada para pelaku politik di Indonesia juga berpengaruh pada hilangnya tatanan yang bermoral dan rasional. Salah satu contoh adalah penggalian situs budaya yang dilakukan oleh seorang pejabat mencerminkan semakin tidak terkontrolnya tindakan dan sikap para pejabat di Indonesia. Dengan demikian pantaslah diungkapkan bahwa para pejabat yang ada telah kehilangan rasionalitasnya dan memenuhi pikirannya dengan hal-hal yang berbau mitos.

Ruang tersebut semakin besar seiring diberlakukannya desentralisasi asimetris di daerah-daerah kaya sumberdaya alam seperti Aceh dan Papua. Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin telah berjalan lebih dari satu tahun sejak dilantik pada 20 Oktober 2020. Sejumlah demonstrasi menentang beragam kebijakan pemerintah terjadi di berbagai kota. Meski menggandeng influencer, komunikasi publik pemerintah dinilai tidak bekerja maksimal. AMF dan EAMF merupakan pertemuan tahunan ASEAN inisiatif Indonesia yang membahas perkembangan isu dan kerja sama maritim di kawasan yang bersifat strategis, lintas sektoral, dan lintas Pilar ASEAN.