Biaya Bisnis

Sinergi Regulasi Masih Jadi Persoalan Lindungi Konsumen Fintech P2p

OJK menilai bahwa skema tersebut malah membuka peluang penyalahgunaan dana nasabah. Langkah baik ini perlu disambut karena sebagai bentuk dari revolusi keuangan seharusnya Fintech menguntungkan masyarakat bukan sebaliknya. Amartha juga menyediakan program kerja sama dengan perusahaan penjaminan kredit dan asuransi untuk melindungi investor dari risiko gagal bayar. Artinya, ada biaya tambahan berupa premi saat kita mendapat return. Hingga kini, OJK hanya mengatur lewat Peraturan OJK . Selain itu, demi mendorong pertumbuhan ekonomi di sektor UMKM, aturan terbaru OJK mewajibkan jasa pendanaan berbasis teknologi yang ingin mendapat izin dan terdaftar untuk memberikan porsi pinjaman ke sektor tersebut sebesar 20 persen.

Membuat proposal pinjaman dan melengkapi dokumen pendukung yang diperlukan. Plafon pinjaman ditawarkan Akseleran mulai dari Rp seventy five juta sampai Rp 200 juta dengan masa tenor 1 bulan sampai 24 bulan. Modalku menawarkan pembiayaan bill, dengan plafon pinjaman sampai Rp 2 miliar dengan tenor 15 sd ninety hari; tanpa jaminan. Terkait jaminan, selain menggunakan invoice sebagai jaminan, Investree akan meminta peminjam untuk memberikan giro mundur dan jaminan pribadi sebagai jaminan tambahan. Semua konten yang termuat di website ini merupakan hak milik DitJen P2P Kementerian Kesehatan. Semua pertanyaan dan permintaan informasi umum dapat ditujukan melalui email

P2P

Associate Researcher Center for Indonesian Policy Studies , Ajisatria Suleiman, mengatakan upaya untuk memperkuat sinergi antara regulasi pemerintah dan perlindungan konsumen fintech P2P sangat penting untuk dilakukan. Perlindungan konsumen diperlukan untuk memberikan rasa aman dan menjaga kepercayaan mereka dalam bertransaksi dengan lembaga ini. Rasa aman dan kepercayaan tersebut akan menumbuhkan industri keuangan dan, setidaknya akibat pandemi, dapat menggerakkan sektor-sektor yang terdampak pandemi lewat skema pinjaman yang diajukan para konsumen. Kemajuan teknologi membuka era baru dalam sebuah perusahaan dan aktivitas pinjam-meminjam sampai juga aktivitas investasi. Ya, kini banyak sekali start-up atau perusahaan rintisan yang menggunakan teknologi terbaru untuk memudahkan hidup manusia, salah satunya untuk melakukan pinjaman dan investasi. Salah satu start-up tersebut dikenal dengan finansial teknologi .

Pendana menganalisis pinjaman berdasarkan informasi yang tertera di reality sheet. Mengajukan pinjaman atau mendanai dengan orang lain yang bukan teman menjadi poin penting dari keberadaan kami. Investree akan membantu mengamankan hubungan antara Borrower dan Lender sehingga keduanya dapat sama-sama menikmati manfaat; pinjaman berbunga kompetitif untuk Borrower dan imbal hasilterbaik untuk Lender.

Inilah kenapa milenial cenderung menghindari risiko dan berhati-hati untuk tidak kehilangan uang mereka saat berinvestasi. Kami sangat menyarankan pengguna kami untuk berhati-hati terhadap potensi penipuan, tindakan scam dan selalu memeriksa ulang segala jenis penawaran atau bantuan yang mewakili UangMe tanpa menggunakan saluran layanan pelanggan resmi UangMe. Kami juga mengimbau pengguna kami untuk tidak menggunakan platform ilegal, tidak dikenal, atau tidak terdaftar. Segala jenis penipuan, penipuan, atau kerugian yang dialami pengguna karena keteledoran pengguna berada di luar yurisdiksi & tanggung jawab UangMe. Saya tahu UangMe waktu saya browsing Play Store untuk aplikasi pinjaman.Saya coba meminjam di UangMe karena ada keperluan mendesak yang membutuhkan dana lebih.

Selain pinjaman digital, pemerintah juga mendorong penghimpunan dana di pasar modal dengan konsep digital. Saat ini, pemerintah berusaha mengelola konsep elevating fund yang dikenal dengan istilah safety crowdfunding tersebut. Wimboh mengajak para milenial untuk terlibat dalam proyek crowdfunding.